Lorenzo tetap lebih berpeluang Juara

Suksesnya di Sepang akhir pekan lalu membuat Dani Pedrosa mencatat hat-trick kemenangan dan jaraknya dengan Jorge Lorenzo kian merapat. Namun kans Lorenzo tetap lebih besar.

Pada balapan yang berlangsung di bawah guyuran hujan kemarin (21/10/2012), Pedrosa berhasil menyalip Lorenzo di lap kesembilan, dan kemudian tampil sebagai juara.

Itu berarti ia tiga kali berturut-turut menaklukkan rivalnya itu. Sebelumnya Pedrosa juga membuat Lorenzo harus puas menaiki podium kedua di Aragon (Spanyol) dan Motegi (Jepang).

Total, dari 16 seri tergelar, Pedrosa sudah mengantongi enam kemenangan, sama seperti Lorenzo. Selisih poin keduanya pun terpangkas menjadi 23, dengan Lorenzo masih di puncak klasemen.
Walaupun sedang on fire karena memenangi lima dari enam seri terakhir, Pedrosa perlu kerja keras dan juga keberuntungan untuk bisa mematahkan peluang Lorenzo untuk jadi juara. Sebabnya, balapan tersisa dua kali, yakni di Australia akhir pekan ini dan Valencia pada 11 November.

Secara hitung-hitungan matematis, Pedrosa wajib menang di dua seri pamungkas tersebut untuk bisa merengkuh titel juara untuk pertama kalinya di kelas premier (MotoGP). Itu pun masih dengan syarat tertentu, yaitu Lorenzo tidak mendapatkan tambahan angka yang signifikan.

Apabila Pedrosa selalu menang di Phillip Island maupun Valencia, maka Lorenzo hanya perlu minimal 27 poin. Dengan kata lain, jika berturut-turut naik podium ketiga pun itu sudah cukup buat rider Yamaha itu menjadi kampiun.

Faktanya, Lorenzo cuma satu kali tidak finis, yakni di Belanda. Sisanya? Kalau tidak juara, ia selalu minimalrunner-up! Dari 15 kali finis, enam kali ia juara, sembilan kali naik podium kedua.

Pedrosa? Ia juga sempat retired satu kali (di San Marino) dan selalu menjejak podium kecuali di Prancis. Dari 14 podium tersebut, rinciannya adalah juara enam kali, runner-up empat kali, dan posisi ketiga empat kali

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s